Senin, 18 November 2019

Investasi Fintek sebagai Metode Investasi Minim Resiko


Adanya layanan investasi fintek menjadi salah satu contoh  perkembangan teknologi di bidang finansial. Perkembangan teknologi diterapkan pada aspek ekonomi tidak melulu soal bisnis online dan sebaginya saja. Ada juga inovasi yang dimanfaatkan sebagai layanan untuk berinvestasi. Inovasi financial technology (fintek) ini misalnya.

Layanan ini sebenarnya berisi tentang berbagai produk keuangan secara umum, termasuk juga di dalamnya investasi. Di dalam industry financial technology biasanya didominasi oleh startup dengan potensi besar. Inovasi dalam bidang keuangan dan finansial ini memberikan kemudahan dengan berbagai layanan yang diberikan, mulai dari pembayaran, pinjaman hingga investasi.

Mengapa Memilih Investasi Fintek di Amartha.com
Perkembangan layanan finansial teknologi tak bisa dipungkiri memang begitu pesat belakangan ini. Salah satunya yang ditawarkan oleh Amartha.com. Start up yang bergerak di bidang finansial ini memang tidak secara langsung memberikan pendanaan kepada para peminjam atau pelaku usaha, melainkan hanya menjadi media untuk mempertemukan keduanya.

Adanya Amartha sebagai inovasi dalam perkembangan dunia finansial ini memang cukup berpengaruh, terutama dalam melakukan investasi ekonomi inklusif. Apalagi layanan ini sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil dan menengah melalui usaha kecil dan menengah yang dijalankan.

Komitmen ini pun dibuat berdasarkan pengamatan langsung yang menunjukkan bahwa sebenarnya usaha mikro kecil dan menengah yang dijalankan di desa pun bisa memiliki potensi yang besar. Sayangnya, masalah yang dihadapi selama ini adalah sulitnya akses untuk mendapatkan investor yang bisa membantu pengembangan tersebut. Karena itulah Amartha hadir.

Ada berbagai alasan kenapa Anda sebagai pemilik dana harus menginvestasikan uang Anda melalui Amartha ini. Selain faktor untuk mendukung berkembangnya investasi ekonomi inklusif, berikut adalah beberapa diantaranya.

Investasi Fintek sebagai Metode Investasi Minim Resiko

1. Terjamin Keamanannya
Amartha ini memang bekerja dengan sistem investasi P2P (peer-to-peer) landing. Yang artinya, baik peminjam atau pemberi pinjaman bisa saling memanfaatkan berupa meminjam maupun memberikan pinjaman tanpa harus melalui lembaga keuangan resmi.

Meskipun bukan lembaga keuangan resmi seperti bank, namun Amartha sudah menjamin keamanan transaksinya. Hal ini karena sebagai sebuah start up fintech, Amartha sudah terdaftar di OJK. Dengan begitu setiap transaksi yang dilakukan juga diawasi oleh OJK. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk soal keamanannya.

2. Turut Berperan dalam Memberikan Dampak Sosial
Ketika Anda sebagai pemilik dana memutuskan untuk memberikan pendanaan kepada debitur melalui Amartha, secara tidak langsung Anda juga berperan dalam memberi dalam sosial. Hal ini karena kembali lagi, para debitur yang notabene adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah, kesulitan dalam mengembangkan usaha salah satunya karena sulitnya akses pada investor.

Dengan menginvestasikan uang Anda dan Amartha membantu menemukan penerima pinjaman yang potensial, dampak sosial yang diharapkan pun bisa terwujud. Akan semakin banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang bisa mendapatkan akses kepada investor. Jika usaha tersebut potensial dan bisa berkembang pesat, maka akan turut meningkatkan ekonomi masyarakat.

3. Berbagai Keuntungan Menarik sebagai Investor
Terakhir, Anda juga akan mendapatkan berbagai keuntungan menarik sebagai investor. Investasi P2P ini akan memberikan Anda keuntungan berupa angsuran tiap minggu. Angsuran inilah pembayaran yang dilakukan oleh penerima pinjaman sebagai pembayaran pokok atas investasi yang didapatkannya.

Itu tadi adalah beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi alasan mengapa Anda harus menggunakan Amartha sebagai media untuk melakukan investasi fintek. Keuntungan yang diberikan serta kemudahan aksesnya bisa menjadi tempat berinvestasi dengan keuntungan yang potensial namun dengan resiko minimal. 
Share: